Kisah Ramadhan Mahasiswa Rantau Di 5 Benua

Kisah Ramadhan Mahasiswa Rantau Di 5 Benua
Published:
June 30th 2016 by Dream Litera Buana
Goodreads Rating:
4.00
Pages:
186
Language
Genre:

“Orang pandai dan beradab tidak akan diam di kampung halaman. Tinggalkan negerimu dan merantaulah ke negeri orang.“ – Imam Syafi‘e Tekad yang kuat untuk mencapai cita-cita adalah bekal utama para mahasiswa rantau untuk meninggalkan kota kelahiran.

Berbagai hambatan yang menghalangi, siap diterjang dengan gagah berani. Mengukir cerita unik, menarik, dan inspiratif bersama orang-orang yang baru dikenali di tempat asing membuat mereka menemukan arti lain dari sebuah rumah. Dan rindu kepada keluarga adalah kata teristimewa yang selalu tersimpan di dalam dada.

Perbedaan waktu, budaya, bahasa, dan Agama menjadi tantangan tersendiri.

Ketika di Eropa harus berpuasa selama 19 jam saat musim panas, sementara Australia memiliki jam berpuasa paling singkat, hanya 10 jam; karena bertepatan dengan musim dingin. Terlebih ketika mereka yang berada di wilayah Timur Tengah menemukan jajanan pasar yang berbeda dengan di Indonesia. Tak ada kolak, es buah, atau pun cendol, melainkan cemilan bangsa Arab yang belum familiar di lidah. Dan ketika adzan tak boleh terdengar di luar ruangan di Amerika, tak ada suara lantunan Al-Qur’an dari toa masjid, apalagi suara takbir di malam Idul Fitri. Kisah Ramadhan Mahasiswa Rantau seolah membawa Anda ber-safari merasakan suasana Ramadhan bersama mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang tersebar di lima benua.